KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PERUSAHAAN MARTHA TILAAR GROUP



Martha Tilaar Group dipelopori oleh DR. (H.C.) Martha Tilaar pada tahun 1970 dengan membuka sebuah salon kecantikan Martha di kediaman orangtuanya, Yakob Handana, di Jalan Kusuma Atmaja No.47 Menteng, Jakarta Pusat.

PT Mustika Ratu,tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan yaitu produk kosmetik, perawatan tubuh dan jamu. sejak tahun 1975 dan merupakan produk warisan leluhur, karena menggunakan bahan-bahan alami dari alam indonesia. seiring berkembangnya zaman, makin banyak produk-produk pesaing baik produk dari perusahaan dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk menganalisis kondisi atau keadaan manajemen PT Mustika Ratu,tbk sekarang ini maka digunakan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis situasi dengan mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis terhadap kekuatan-kekuatan (Strengths) dan kelemahan-kelemahan (weakness) suatu organisasi dan kesempatan-kesempatan (Opportunities) serta ancaman-ancaman (threat) dari lingkungan untuk merumuskan strategi organisasi.


Berikut ini adalah Analisis SWOT PT Martha tilaar group :

 Strength
1)      Brand image yang terkenal
2)      Kualitas produknya sudah teruji dengan baik
3)      Trend-setter tata rias Indonesia dengan variasi produk yang luas
4)      Saluran distribusi yang baik.

 Weakness
1)      Struktur organisasi perusahaan yang sering berubah-ubah
2)      Sistem informasi  korporasi yang belum sepenuhnya terintregrasi
3)      Transparansi perusahaan kepada publik yang masih belum terbuka
4)      Seluruh fasilitas produksi berada di pulau jawa


Opportunities
1)      Perluasan pangsa pasar ke luar negri
2)      Pertumbuhan ekonomi regional yang mulai membaik
3)      Perkembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi
4)      Perubahan perilaku yang lebih emosional dari konsumen

Threats
1)      Ancaman persaingan produk sejenis
2)      Perekonomian Indonesia yang masih dalam keadaan lemah
3)      Potensi dari kerawanan pada keamanan komputer, jaringan dan transaksi
4)      Pola konsumsi dari konsumen yang berubah dari need-based ke expectation-based.



SUMBER

Komentar

  1. mungkin sedikit koreksi ya, ini yang di angkat dalam artikel martha tilaar atau mustika ratu?
    ada 2 nama

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN MARTHA TILAAR GROUP

Layanan Transisi (Service Transition)